Cara Sikat Gigi bagi Anak

ada yg kesulitan mengajak buah hatinya belajar mneggosok gigi? ini bunda ada Cara Mengajarkan Sikat Gigi Pada Anak
semoga bermaafaat ya bunda🙂

Menyikat gigi tentu tidak bisa dilakukan sembarangan Ada beberapa teknik yang harus diajarkan pada anak sehingga kesehatan giginya tetap terjaga. Namun terkadang kegiatan mengajarkan sikat gigi membuat anak cepat bosan dan malas.

Sebenarnya kegiatan mengajarkan sikat gigi bisa dibuat lebih menyenangkan. Misalnya, memilihkan sikat gigi berbentuk lucu, pasta gigi berbagai rasa, sambil memutarkan lagu favoritnya, dan cara seru lainnya. Setelah anak mulai menikmati kegiatan menyikat gigi, mulailah mengajarkan cara sikat gigi baik dan benar seperti berikut ini:

1 Ketika hendak menyikat gigi ataupun gusi, pastikan posisi kepala sikat membentuk sudut 45 derajat di daerah perbatasan gigi dengan gusi,

2 Gerakan sikat dengan lembut dan memutar. Ketika menyikat bagian luar permukaan setiap gigi atas dan bawah pastikan posisi bulu sekitar 45 derajat berlawan dengan garis gusi. Gerakan ini memungkinan sisa makanan yang menyelip dapat dibersihkan.

3 Gunakan juga gerakan yang sama untuk menyikat bagian dalam permukaan gigi.

4 Untuk bagian permukaan gigi yang bertugas mengunyah makanan, pastikan menggunakan hanya ujung bulu sikat gigi. Bersihkan gigi dengan tekanan ringan dan lembut sehingga bulu sikat tidak membengkok.

5 Berbeda lagi jika ingin membersihkan gigi depan bagian dalam. Gosoklah gigi dengan posisi tegak dan perlahan gerakan ke atas dan bawah melewati garis gusi.

6 Ajarkan anak untuk menyikat lembut lidah agar bakteri hilang sehingga napas lebih segar.

7 Pilihlah bulu sikat gigi yang lembut untuk menghindari gusi terluka dan menimbulkan abrasi gigi atau penipisan struktur gigi. Abrasi dapat menyebabkan bakteri dan asam menghasbikan gigi akibat lapisan keras pelindung enamel gigi terkikis.

8 Ajarkan anak untuk tidak meminjamkan sikat gigi pada orang lain karena mengandung bakteri yang bisa berpindah.

9 Ganti sikat gigi jika bulu sudah rusak dan simpanlah di tempat kering.

Mengajarkan sikat gigi pada anak tidaklah mudah. Namun jika dilakukan dengan cara menyenangkan, anak dapat menikmati kegiatan tersebut.

sumber : melindacare , FB Cussons Mom & Me Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s