Add – ins Terbilang di Excell

Kemarin sempat kepikiran untuk cari cara untuk menambah add ins terbilang d excell. Akhirnya googling lah, lama banget dan susah kebanyakan isinya sama dan error semua, sekalinya beda coding eh tetap masih error juga. Setelah beberapa jam mencari akhirnya ketemu juga, yeeaaa senangnya. Coba-coba deh, pertama di laptop berhasil. Trus pindah ke komputer kantor, koq gak bisa yah?? Coba berkali-kali akhrinya bisa juga, nah saat mau ngsave kan ada tulisan yg intinya “kalau mau di save macronya pilih no, terus pilih yg extensionnya sesuai” eh karena kemampuan bahasa Inggrisnya kurang di “yes” dengan arti d save dengan format biasa (yang macronya gak bisa di gunakan) hahaha, y saa mau coba lagi jelas gak bisa lah😀😀 Akhirnya setelah di coba lagi dan d pahami bahasa Inggrisnya baru deh ngerti maksudnya apa hihihi😀

Disimak yah cara-caranya :

Download Coding terbilang disini

CARA INSTAL
Untuk Microsoft Office Excel 2000/2003:
1. Buka Excel anda.
2. Masuk ke Tools >> Macro >> Security 3. Pilih Low kemudian OK
4. Masuk ke Tools >> Add-ins >> Browse 5. Arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download sebelumnya
6. Jangan lupa aktifkan (centang) terbilang pada daftar add-in
7. Klik OK dan siap digunakan

Untuk Microsoft Office Excel 2007 :
1. Buka Excel Anda
2. Klik Office Button (tombol yang bulat di pojok kiri atas ) pilih Excel Options
3. Pilih Trust Centre >> Trust Centre Settings >> Macro Settings
4. Pada Macro settings pilih Enable All Macro kemudian klik OK
5. Masuk ke Menu Add-Ins (Di atas True Center)
6. Klik Go
7. Browse dan arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download sebelumnya.
8. Jangan lupa aktifkan (centang) terbilang padadaftar add-in
9. Klik OK dan siap digunakan.

Contoh penggunaannya :
Pada cell A1 ketikkan 100
Untuk menghasilkan terbilang di cell A2,
ketik rumus
=terbilang(A1) akan menghasilkan kata seratus =terbilang(A1)&” rupiah” akan menghasikan kata seratus rupiah

=proper(terbilang(A1)&” rupiah”) akan menghasilkan kata Seratus Rupiah

=upper(terbilang(A1)&” rupiah”) akan menghasilkan kata SERATUS RUPIAH

Note :

Ternyata setelah di coba langkahnya lebih baik gini dulu

1. Buka Excell 2007, pilih tab View, Macros, view macros

2. Di macro name ketik saja Terbilang, Create

3. Akan terbuka Microsoft Visual Basic

4. Lalu buka file terbilang.xla dengan open with excell

5. Codingnya di copy ke Module 1 lalu remove saja Module yg ke-2nya

6. Setelah itu baru lanjutkan ke langkah yg di atas

7. Silahkan di coba deh, dan berhasil

8. Macro ini hanya dapat digunakan untuk satu file bukan untuk keselurahan file Excell, jadi kalau mau ya kita copy satu-satu cara tadi ke file yang di inginkan🙂

Oh ya kalau ingin menambahkan excell-extools yang multi fungsi silahkan download disini

Selamat Mencoba ^_^

 

Sumber :

http://excelmangare.mywapblog.com/add-ins-terbilang.xhtml

http://utamaandri.wordpress.com

One thought on “Add – ins Terbilang di Excell

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s