Imunisasi bagi Orang Dewasa

400443_311664182218446_1365057835_nSaat baca koran Kompas pagi ini ternyata menemukan tulisan tentang imunisasi bagi orang dewasa. Sebetulnya sih sudah pernah dengar tentang imunisasi ini hanya imunisasi flu dan HPV aja, kalau dari yang aku denger dan baca sebelumnya untuk imunisasi flu bagi orang dewasa dan anak perlu dilakukan setiap tahun karena penyakit (virus) itu berkembang biak dengan cepat. Karena penasaran akhirnya googling deh. Yups, ternyata memang betul bukan anak kecil saja yang perlu di imunisasi, tetapi juga orang dewasa dan banyak juga ternyata penyakit yg dapat dicegah dengan imunisasi terutama bagi orang yang lanjut usia, karena tujuannya bukan lagi untuk menambah kekebalan tubuh tetapi lebih ke mencegah kematian.

Berikut alasan kenapa orang dewasa juga perlu imunisasi seperti yang dilansir health.detik.com :

1. Terdapat orang dewasa yang sama sekali belum pernah divaksinasi saat masa kanak-kanak.

2. Seiring dengan pertambahan usia, khususnya pada lansia, terjadi waning immunity (penurunan kadar antibodi terhadap suatu penyakit akibat proses penuaan), sehingga perlu dilakukan vaksinasi ulangan.

3. Beberapa kelompok orang dewasa mengidap penyakit kronis (misalnya: asma, diabetes, penyakit jantung). Mereka lebih rentan terinfeksi beberapa penyakit tertentu sehingga vaksinasi menjadi sangat penting.

4. Beberapa orang dewasa perlu vaksinasi karena adanya risiko besar terhadap kesehatan yang berkaitan dengan pekerjaannya, misalnya tenaga kesehatan (dokter, mahasiswa kedokteran, perawat, bidan, petugas laboratorium, dll).

5. Infeksi pada perempuan yang sedang hamil dapat menyebabkan cacat janin, misalnya infeksi Rubella. Hal ini dapat dicegah dengan vaksinasi sebelum hamil.

6. Beberapa orang dewasa harus divaksinasi terkait dengan perilaku berisiko tinggi, misalnya pengguna narkoba jarum suntik sangat rentan terinfeksi Hepatitis B, perokok aktif rentan terinfeksi Pneumokokus, orang yang memiliki partner seks multipel rentan terinfeksi Hepatitis B dan kanker leher rahim (serviks). Vaksinasi dapat mencegah mereka mengidap penyakit tersebut.

7. Alasan bepergian (travelling). Saat seseorang akan bepergian ke suatu negara yang endemik utnuk penyakit tertentu, maka perlu vaksinasi sebelumnya. Misalnya jamaah haji/umrah harus vaksinasi meningitis.

Lalu jenis vaksin apa saja yang dapat diberikan untuk orang dewasa?
1. Infuenza
2. Pneumokokal
3. Tetanus/Difteri
4. Human Papilloma Virus (HPV), untuk mencegah kanker leher rahim
5. Hepatitis B
6. Hepatitis A
7. Meningitis (khusus yang bepergian ke negara endemis)
8. Demam Tifoid
9. MMR (Measles/Campak, Mumps/Gondongan, Rubella/Campak Jerman)
10. Varisela (cacar air)
11. Herpes Zoster (cacar ular)

Untuk info tambahan imunisasi influenza, berkisar Rp. 1juta,  imunisasi HPV Rp. 30.000 (koran kompas edisi hari ini) sedangkan di health.kompas.com antara 600-1,2 juta yang diberikan tiga kali. Tergantung dimana kita akan di imunisasinya.

Selain itu imunisasi bisa di lakukan oleh dokter umum, dokter Spesialis Penyakit Dalam, dokter kandungan/kebidanan (khusus vaksin HPV), dan sebenarya dapat ‘menumpang’ pada dokter anak, karena beberapa vaksin untuk anak dan untuk dewasa, sama.

Semoga tulisan ini bisa ikut membantu memberikan informasi kepada masyarakat dan info selanjutnya harap hubungi RS terdekat😀

 

Sumber :

* Health.detik.com

health.kompas.com

* DOE “Imunisasi “Rendah, Cakupan pada Orang Dewasa”” , Kompas, No. 297/Th. Ke-48/1 Mei 2013. hal 13

* Gambar : Google

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s